Melihat permasalahan yang ada, maka penelitian tindakan kelas memiliki tujuan khusus diantaranya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mendapatkan strategi penerapan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving). Penelitian tindakan kelas ini merupakan siklus yang dirancang dalam tiga bagian, setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pokok bahasan barisan dan deret telah meningkat. Aktivitas belajar siswa bertambah, yang ditandai dengan munculnya kelompok-kelompok belajar untuk memecahkan soal-soal matematika dengan model Problem Solving.Di temukannya strategi atau cara yang tepat dalam menerapkan model pembelajaran Problem Solving.
a. Sebelumnya siswa harus memiliki pengetahuan prasarat untuk mengerjakan soal.
Oleh karena itu cobalah dan terapkan model pembelajaran ini.
b. Siswa belum tahu algoritma/ cara pemecahan masalah.
c. Soal terjangkau oleh siswa
d. Siswa mau dan berkehendak untuk menyelesaikan soal.
Download Free-arwiebowo
0 komentar:
Post a Comment