17 July 2010

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think-Pair-Share) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI





Keyword : Kooperatif, TPS, Kontekstual.;cooperative, TPS, Contextual

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, pengelolaan guru selama pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok persegi dan persegi panjang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar pengamatan terhadap aktivitas siswa, lembar pengamatan terhadap pengelolaan guru selama pembelajaran tes akhir. Data yang diperoleh antara lain hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa, pengelolaan guru selama pembelajaran kooperatif tipe TPS dan hasil tes akhir siswa kemudian dianalisis secara deskriptif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang aktif sebesar 77,68%, sedangkan aktivitas siswa tidak aktif sebesar 22,32% dari aktivitas siswa secara keseluruhan sehingga dapat disimpulkan aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah aktif. Pengelolaan pembelajaran pada umumnya sudah berjalan baik dengan nilai rata-rata 3,25 sedangkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan kontekstual mencapai 83,87% siswa telah berhasil dalam belajar, sehingga tingkat keberhasilan siswa secara klasikal tercapai.


Download Free-arwiebowo




0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...