01 August 2010

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TIPE BUZZ GROUP DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT

Keyword : Model Pembelajaran Diskusi Kelas, Buzz Group, Metode Penemuan Terbimbing.;Classroom discussion model, Buzz Group, Finding Guidance Method

Penelitian pendahuluan yang peneliti lakukan mengajar masih sering berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses belajar dikelas termasuk belajar matematika.
Untuk itu perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan interaksi antara peserta didik dengan peserta didik. Selain itu, diperlukan juga metode mengajar yang dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar bersama-sama untuk menemukan konsep matematika dengan bimbingan dari guru. Dengan demikian peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, ketuntasan belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group dengan metode penemuan
terbimbing pada materi pokok segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah peserta didik. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group dengan metode penemuan
terbimbing dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 86,54. Aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group dengan metode penemuan terbimbing dikatakan efektif. Peserta didik tuntas belajar sebesar 87,18%. secara
klasikal ketuntasan belajar peserta didik telah tercapai. Respon peserta didik terhadap pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group dengan metode penemuan terbimbing dapat dikategorikan baik dengan persentase 89,78%
Download (Bab 1-3)Download (Bab v)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...