11 July 2010

Ahli Runner Up Piala Dunia = BELANDA


Sebuah gol Andres Iniesta pada menit ke-116 menguburkan ambisi Belanda menjadi juara dunia untuk kali pertama. Dan kekalahan tersebut membuat tim yang sempat terkenal dengan permainan total football ini semakin penasaran dengan Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 1974 di Jerman Barat, Belanda dikalahkan tuan rumah 2-1 di final. Diperkuat oleh Johan Cruyff, Belanda sebenarnya sempat unggul terlebih dahulu melalui penalti Johan Neeskens pada menit kedua, namun Jerman berhasil membalikkan keadaan melalui gol penalti Paul Breitner (25') dan Gerd Muller (43').

Empat tahun kemudian, di Piala Dunia 1978 Argentina, Belanda kembali melangkah ke final dan menghadapi tuan rumah. Lagi-lagi Belanda harus gigit jari setelah tumbang 3-1 di babak final melalui perpanjangan waktu.

Mario Kempes berhasil membawa Argentina unggul pada menit ke-38, namun Belanda berhasil menyamakan kedudukan melalui Dick Nanninga delapan menit sebelum babak kedua berakhir.

Sayang, Belanda harus pulang dengan tangan hampa ketika Kempes mencetak gol keduanya pada menit ke-105 dan Daniel Bertoni memperbesar keunggulan tim Tango pada menit ke-116.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...