01 August 2010

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI PERSEGI PANJANG

Keyword : Kemampuan Komunikasi Matematika, Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW).;Mathematics communication ability, Think Talk Write (TTW) study model.

Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kemampuan komunikasi matematika adalah kemampuan mengemukakan ide matematika baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Hal ini sangat penting bagi peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Namun dalam kenyataannya, kemampuan komunikasi matematika kurang mendapat perhatian dalam pembelajaran matematika di sekolah seperti di SMP Negeri 1 Manyar Gresik sehingga kemampuan komunikasi matematika peserta didik masih rendah. Untuk itu diperlukan suatu cara untuk meningkatkannya. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi persegi panjang. Adapun jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang diberi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang diberi model pembelajaran yang biasa digunakan guru (Direct instruction/langsung). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik. Rancangan penelitian ini adalah Postes Kelompok Kontrol Subyek Random. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes dengan instrumen penelitiannya adalah soal tes. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data inferensial yaitu uji perbedaan yang berupa uji t. Dari hasil uji t diperoleh bahwa nilai sig (0,000) <α(0,05), artinya ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi persegi panjang.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...