01 August 2010

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita

Keyword : Kesalahan Siswa, Soal Matematika, bentuk Cerita.;Student Error, Mathematics Exercise, Story Form

Menurut pengalaman peneliti pada saat bakti sosial dan pkl. Banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita. Terutama mereka kurang teliti dan kurang memahami soal tersebut sehingga mereka sering salah dalam mengerjakan. Soal cerita adalah salah satu soal yang membutuhkan ketelitian dan kemampuan penalaran, yang biasanya siswa sering melakukan kekeliruan dalam menyelesaikan soal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa kelas V SDN Banaran I Babat Lamongan dalam menyelesaikan soal cerita pada bilangan, 2. Untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh 8 siswa yang terpilih sebagai responden dalam menyelesaikan soal cerita. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banaran I Babat – Lamongan. Data yang akan dianalisis di dalam penelitian ini lebih memperhatikan pada kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita,. Data yang dikaji lebih bersifat deskriptif kualitatif, yaitu data yang menginformasikan jenis kesalahan, bentuk kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa . Jika siswa melakukan kesalahan pada tahap pertama maka , dimungkinkan akan melakukan kesalahan pada tahap selanjutnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah :1. Kesalahan yang sering dilakukan siswa kelas V di SDN Banaran I Babat – Lamongan yaitu kesalahan abstraksi dalam menyelesaikan soal cerita. 2. Faktor- faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa berdasarkan wawancara adalah sebagai berikut : Siswa terburu-buru sehingga tidak peduli dengan pekerjaannya., Siswa kurang mengerti kalimat tanya., Siswa tidak terbiasa dengan menulis diketahui dan ditanya pada saat mengerjakan soal cerita, Siswa kurang memahami dengan pemisalan dari soal, Siswa kurang memahami soal dan kurang memahami konsep dari materi, Siswa kurang teliti dan siswa meremehkan dari kesimpulan atau penafsiran ke permasalahan awal

Download (Bab 1-3) Download (bab V)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...