01 August 2010

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI POKOK SIFAT-SIFAT SEGI EMPAT

Keyword : Model Pembelajaran Induktif, Alat Peraga.;Inductive, Visual aid

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang kurang diminati dan dianggap sulit oleh peserta didik. Hal ini terjadi karena peserta didik menganggap matematika adalah suatu bidang studi yang menekankan pada perhitungan bilangan-bilangan dan rumus yang sulit. Penyajian yang kurang kongkrit sehingga peserta didik tidak menyukai materi yang diajarkan. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih menyukai materi yaitu dengan model pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran ketika menerapkan model pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok sifat-sifat segi empat. (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik dikelas VII SMP Muhammadiyah 5 Bungah setelah pelaksanaan pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok sifat-sifat segi empat. sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain ” One Shot Case Study”. Metode pengumpulan data adalah meliputi metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran ketika menerapkan model pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga pada sub materi pokok sifat-sifat segiempat yang diperoleh setelah pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga pada sub materi pokok sifat-sifat segiempat adalah tuntas secara klasikal dengan persentase ketuntasan sebesar 91,6 %.
Download (Bab 1-3) Download (bab V)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...