01 August 2010

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG

Keyword : Kemampuan Penalaran Matematika, Pendekatan Konstruktivistik, Bangun Ruang.;Mathematical Reasoning ability, Constructive Approach Space.

Matematika merupakan ilmu yang obyeknya adalah abstrak, yang menuntut peserta didik menggunakan daya nalarnya sehingga konsep matematika dapat dipahami dengan benar dan bermakna, sebab fondasi matematika adalah penalaran. Materi matematika dan penalaran matematika merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, yaitu materi matematika dipahami melalui penalaran dan penalaran dilatih melalui belajar materi matematika. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuannya, pendekatan tersebut adalah pendekatan konstruktivistik, yaitu suatu pendekatan yang menuntut siswa untuk aktif membangun pengetahuan yang ada dalam pikiran mereka dan dibangun melalui proses asimilasi dan akomodasi. Jenis penelitian ini adalah komparatif yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik pada materi pokok bangun ruang. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen postest random terhadap subyek yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes, sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik uji perbedaan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data uji t diperoleh nilai sig (0,0005) <α (0,05), dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik pada materi pokok bangun ruang.
Download (Bab 1-3)Download (Bab v)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...