08 February 2012

Inilah 10 Spesies Hewan yang Paling Sulit Ditemukan di Bumi

Makhluk-makhluk ini berada di  tempat-tempat tersembunyi seperti   kedalaman laut atau gua yang sangat  dalam. Hewan-hewan berikut ini   mungkin bukan yang paling indah, tetapi  mereka adalah jenis hewan yang   paling sulit ditemukan di bumi.


10. SolenodonSolendon   adalah mamalia kecil yang berasal dari Kuba dan Hispanola.  Makhluk  ini  sangat mirip dengan tikus, ia memiliki moncong panjang dan  ekor   bersisik. Namun, Solenodon memiliki moncong yang fleksibel sebagai    kebalikan dari tikus kesturi.

Ciri khas lain dari hewan ini   adalah bahwa hewan ini sangat beracun.  Solenodon adalah satu-satunya   mamalia yang dapat menyuntikkan mangsanya  dengan bisa racun ular. Jadi   yang terbaik adalah mundur jika Anda  menemui makhluk ini, karena  mereka  akan jatuh lalu menggigit di atas  topi Anda.


9. KakapoKakapo   adalah satu-satunya kakatua yang tak bisa terbang di planet ini.    Sedangkan sepupu mereka melakukan perjalanan melalui udara, spesies ini    memilih untuk berjalan kaki atau naik dari tempat satu ke tempat    lainnya.

Burung ini dapat ditemukan di Selandia Baru dan sering   disebut sebagai  burung beo hantu. Makhluk ini mendapat julukan dari   bentuk cakram bulu  di sekitar mata. Burung beo ini juga ditetapkan   sebagai burung beo  terbesar dengan berat mencapai 8 kg.


8. Olm Olm   adalah amfibi yang berasal dari Eropa, terutama dapat ditemukan di    Italia. Makhluk ini memiliki tubuh panjang berwarna putih, dengan empat    kaki kecil. Sekilas terlihat sangat mirip dengan ular kecil.

Kadal   ini menghabiskan hidupnya di gua-gua bawah tanah. Makhluk ini    mempunyai  mata yang tidak berkembang dan benar-benar buta. Walaupun Olm    tidak dapat melihat bukan berarti tak berdaya. Olm mengkompensasi    kekurangan penglihatan dengan pendengaran yang luar biasa dan indera    penciuman.


7. Kelelawar BumblebeeKelelawar   Bumblebee dapat ditemukan di gua-gua batu kapur, Tenggara  Thailand  dan  Burma. Bumblebee dewasa panjangnya hanya satu inci dari  kepala ke   ekor. Kelelawar ini tumbuh dengan memiliki fitur lain yang    membedakannya, yaitu moncongnya yang menyerupai moncong babi.


6. Ichthyophis Kohtaoensis Ichthyophis   Kohtaoensis  adalah amfibi langka yang asli Kamboja, Laos  dan   Thailand. Makhluk ini memiliki tubuh seperti ular panjang dengan  ekor   runcing.

Reptil ini memiliki tubuh abu-abu gelap dengan perut   kuning. Salah satu  fitur yang membuat unik reptil ini adalah fakta   bahwa ia memiliki dua  otot yang mengontrol rahang.


5. Hiu berjumbai Hiu   berjumbai adalah sebuah keanehan di dunia hewan. Sampai abad ke-19    para peneliti berpikir hewan ini sudah mati bersama dinosaurus. Namun,    ini terbukti tidak benar, karena beberapa nelayan pernah menangkapnya    dan juga beberapa penemuan bangkai makhluk ini.

Hiu ini terlihat   mirip dengan belut, ia memiliki tubuh memanjang. Hiu  berjumbai  memiliki  kepala berbentuk segitiga dengan tubuh abu-abu  panjang. Hiu  ini tidak  memiliki sirip punggung besar, berbeda dengan  sebagian besar  spesies  hiu lainnya.


4. Monito Del Monte Monito   Del Monte adalah istilah Spanyol untuk "monyet kecil". Tapi nama  ini   menipu. Monito Del Monte sebenarnya adalah marsupial yang hidup di    Chili dan Argentina.

Spesies mamalia ini dianggap punah lebih   dari 11 juta tahun yang lalu.  Namun, penjelajah modern menemukan   makhluk ini di era modern.

Marsupial kecil ini memiliki tubuh   tikus dengan bulu coklat dan besar,  telinga runcing dan ekor panjang.   Fitur yang membedakan hewan ini adalah  matanya yang besar dan ia hidup   di pohon-pohon di hutan hujan. Ekor  panjang ini membantu ia untuk   berayun dari cabang-cabang.


3. Addax Jenis   Kijang ini sedikit sekali ditemukan di gurun Sahara. Mereka  terlihat   seperti banyak spesies kijang lain, namun setelah pemeriksaan  lebih   lanjut mereka sebenarnya sangat berbeda. Spesies ini memiliki gigi    persegi seperti sapi. Juga, tanduk pada spesies ini sangat panjang dan    melengkung, sehingga memiliki julukan "Kijang Tanduk Sekrup".


2. Dugong Dugong   adalah hewan laut besar yang sangat menyerupai Manatee. Sementara    makhluk-makhluk sejenis yang berada dalam keluarga yang sama disebut    Sirenia, mereka berbeda dari Manatee.

Dugong dapat ditemukan di   perairan utara Australia dan ke dalam wilayah  Indio-Pasifik. Mamalia   ini memiliki tubuh abu-abu panjang dengan dayung  seperti sirip ke arah   kepala.

Ekor hewan ini terlihat mirip dengan ekor lumba-lumba.   Juga, makhluk ini  memiliki mulut yang  keluar di samping dan berada   dalam posisi yang  lebih berbalik ke bawah, sehingga mudah untuk memakan   rumput di  kehidupan vegetatif dasar laut.


1. Saola
Saola   sejauh ini merupakan mamalia yang paling langka di Bumi. Makhluk  ini   adalah asli Vietnam dan Laos. Hewan ini tumbuh dengan tinggi sekitar  3   meter. Sekilas terlihat mirip dengan kambing.

Mamalia ini   memiliki ekor kecil dan telinga panjang. Namun, hewan ini  memiliki pola   yang sangat berbeda dengan kambing. Ia memiliki  bintik-bintik putih   dan garis-garis pada wajahnya.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...